Tito Harap RUU Daerah Khusus Jakarta Disetujui di Tingkat Baleg DPR Hari Ini

RUU DKJ diharapkan dapat menangani masalah bersama Jakarta seperti banjir, transportasi, sampah, dan polusi udara

Mar 15, 2024 - 14:13
 0
Tito Harap RUU Daerah Khusus Jakarta Disetujui di Tingkat Baleg DPR Hari Ini
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Mahadaya' Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berharap RUU Daerah Khusus Jakarta (DKJ) dapat disetujui di tingkat I atau di tingkat Baleg DPR pada hari ini, Jumat (15/3).

"Pembahasan akan dilanjutkan hari ini, semoga selesai pada tingkat I dan bisa selesai hari ini. Karena sudah banyak isu yang sudah disepakati, kami bahas sampai malam, tadi malam," kata Tito di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat siang.

Tito menegaskan posisi pemerintah terkait mekanisme pengisian gubernur-wakil gubernur Jakarta di RUU DKJ tetap melalui mekanisme pemilihan via Pilkada. Ia juga melihat dari komposisi mayoritas parpol di DPR setuju dengan mekanisme pemilihan.

Selain itu, Tito juga mengaku sepakat untuk pengisian dewan kawasan aglomerasi dalam RUU DKJ nantinya ditunjuk oleh presiden, tak otomatis diisi wakil presiden.

"Dewan aglomerasi akan ditunjuk oleh presiden dengan keputusan adanya Perpres, seperti apa nanti presiden terpilih akan memilih komposisinya, semua diserahkan kepada presiden terpilih," kata dia.

Di sisi lain, Tito menjelaskan kawasan aglomerasi di Jakarta merupakan keniscayaan. Pasalnya, kawasan Jakarta tak memiliki batas alam dengan wilayah sekitarnya. Sehingga, selama ini muncul masalah bersama seperti banjir, transportasi, sampah, dan polusi.

"Sehingga memerlukan adanya koordinasi, sinkronisasi, harmonisasi untuk perencanaan pembangunan dan dapat dilakukan evaluasi, jangan bergerak sendiri-sendiri," lanjut pria yang pernah menjadi Kapolri saat aktif di Korps Bhayangkara itu.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow