Luhut Binsar Pandjaitan: Panggilan untuk Rekonsiliasi dan Kematangan Politik

Ia menekankan perlunya menghormati perbedaan pandangan politik dan mendorong rekonsiliasi ala Jokowi dan Prabowo

Nov 19, 2023 - 18:45
 0
Luhut Binsar Pandjaitan: Panggilan untuk Rekonsiliasi dan Kematangan Politik
Foto: Luhut Binsar Pandjaitan.

Mahadaya' Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengambil inisiatif untuk memberikan pesan kesejukan dan arahan politik melalui unggahan video di akun Instagramnya. Dalam video yang diunggah pada Sabtu (18/11/2023) dari Singapura, Menko Luhut berbicara mengenai kondisi politik Indonesia dan menekankan pentingnya menghindari penilaian yang sederhana terhadap sesama.

Menko Luhut memulai dengan meminta semua pihak untuk tidak mudah menjudge orang lain berdasarkan pandangan politik atau status sosial. Dia menegaskan bahwa berbeda pendapat adalah hal yang wajar dalam politik, tetapi perbedaan tersebut tidak boleh menjadi sumber dendam dan permusuhan.

Dalam konteks politik menjelang Pemilihan Presiden 2024, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan nasihat khusus kepada Purnawirawan TNI. Dia menyarankan agar mereka tidak terlibat dalam meningkatnya ketegangan politik, menekankan bahwa pada usia rata-rata 70-an, tidak bijaksana untuk terlibat dalam konflik.

Luhut juga menyoroti pentingnya memberikan masukan yang konstruktif untuk memajukan Indonesia ke depan. Dia mendorong agar fokus politik tidak hanya pada menyerang prestasi seseorang, tetapi lebih pada memberikan solusi untuk kemajuan bangsa.

Menko Luhut Binsar Pandjaitan menggunakan rekonsiliasi antara Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai contoh sukses untuk menunjukkan bahwa rekonsiliasi dapat membawa hasil yang baik. Dia mengingatkan bahwa perjalanan politik yang lebih matang dan dewasa dapat menciptakan lingkungan politik yang lebih kondusif.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow