Ketua DPP PDIP Hamka Haq Meninggal Dunia, Kehilangan bagi Dunia Politik dan Keagamaan Indonesia

Hamka Haq adalah mantan Guru Besar di IAIN Alauddin Makassar dan Penasehat MUI sejak tahun 2010

Dec 7, 2023 - 14:33
 0
Ketua DPP PDIP Hamka Haq Meninggal Dunia, Kehilangan bagi Dunia Politik dan Keagamaan Indonesia
Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Hamka Haq dikabarkan meninggal dunia, Kamis (7/12).

Mahadaya' Jakarta - Pada Kamis (7/12) siang, berita duka menyelimuti panggung politik Indonesia dengan meninggalnya Ketua DPP PDIP, Prof. Dr. H. Hamka Haq, MA, di RS Siloam MRCCC, Semanggi, Jakarta. Kabar ini disampaikan oleh Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, melalui unggahan di media sosial Instagram. Hamka Haq, yang juga merupakan eks Anggota DPR dari Fraksi PDIP, telah lama berkontribusi dalam dunia politik dan keagamaan Indonesia.

Djarot Saiful Hidayat menulis dalam unggahan Instagramnya, "Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah Pulang Ke Rahmatullah. Sosok sahabat dan saudara dalam perjuangan, Bapak Prof Dr H Hamka Haq MA." Unggahan tersebut juga mengungkapkan bahwa Hamka Haq meninggal dunia pada pukul 10.46 WIB.

Hamka Haq, selain menjadi politikus, memiliki latar belakang sebagai seorang akademisi. Dia pernah menjabat sebagai Guru Besar di IAIN Alauddin Makassar dari tahun 1999 hingga 2013. Kontribusi akademisnya juga terlihat dari perannya sebagai Penasehat Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak tahun 2010.

Dalam struktur kepemimpinan PDIP, Hamka Haq menjabat sebagai Ketua Bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa di DPP PDIP. Sebagai politikus yang berdedikasi, Hamka Haq juga pernah menjadi Anggota DPR dan duduk di Komisi VIII.

Berita meninggalnya Hamka Haq menandai kehilangan besar bagi PDIP dan politik Indonesia. Beliau juga dikenal sebagai Ketua Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), sayap organisasi keagamaan di bawah naungan PDIP. Wafatnya Hamka Haq meninggalkan kekosongan di ranah politik dan keagamaan, meruntuhkan seorang pemimpin yang telah lama berjuang untuk kebaikan dan keadilan. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow