Surat Lama Osama bin Laden Jadi Viral di TikTok, Kaitkan dengan Perang Israel-Palestina

Surat lama Osama bin Laden yang membenarkan serangan 9/11 menjadi viral di TikTok

Nov 17, 2023 - 18:18
 0
Surat Lama Osama bin Laden Jadi Viral di TikTok, Kaitkan dengan Perang Israel-Palestina
Osama bin Laden.

Mahadaya' Jakarta - Surat yang ditulis oleh mantan pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden, sekitar 20 tahun lalu, viral di TikTok baru-baru ini. Isinya yang memuat pembenaran terhadap serangan teror 9/11 kini dikaitkan dengan perang antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

Surat yang berjudul 'Letter to the America' itu, meskipun telah dihapus oleh The Guardian, menjadi perbincangan hangat di media sosial. Isi surat memuat alasan pembenaran Osama atas serangan teror yang dilakukan Al-Qaeda terhadap Amerika Serikat pada 9 September 2001.

Pengguna TikTok banyak yang mengaitkan isi surat dengan perang Israel-Hamas, menyebut bahwa pembenaran Osama untuk serangan teror terkait dengan tindakan kekerasan yang disponsori oleh pemerintah AS dan pemerintah lain terhadap umat Muslim di berbagai negara.

Kebanyakan video di TikTok menggunakan tagar #lettertoamerica. Meskipun tagar ini telah ditonton lebih dari 14 juta kali, TikTok mengambil langkah untuk menghapusnya karena dianggap melanggar pedoman dengan mempromosikan konten terorisme.

Beberapa pengguna TikTok berpendapat bahwa isi surat memberikan perspektif baru terhadap sejarah dan konflik di Timur Tengah. Namun, ada juga kritik terhadap video yang bersimpati pada teroris dan melegitimasi kekerasan.

Surat lama ini menghidupkan kembali perdebatan dan pemikiran kontroversial terkait sejarah dan konflik di kawasan tersebut, menciptakan gelombang diskusi di platform media sosial yang dipenuhi oleh generasi muda.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow