Justin Hubner Mendekati Naturalisasi sebagai WNI: Perjalanan Menuju Timnas Indonesia U-20

Sebelumnya, Komisi X DPR menyetujui naturalisasi Hubner, tetapi proses sempat mandek setelah FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Nov 3, 2023 - 20:52
 0
Justin Hubner Mendekati Naturalisasi sebagai WNI: Perjalanan Menuju Timnas Indonesia U-20
Bek Wolves Justin Hubner selangkah lagi jadi WNI.

Mahadaya' Jakarta - Proses naturalisasi pemain Wolverhampton Wanderers (Wolves), Justin Hubner, untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) telah memasuki tahap akhir. Kabar gembira ini disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, yang mengungkapkan bahwa proses naturalisasi pemain berusia 19 tahun itu tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres) Joko Widodo dan pengambilan sumpah kewarganegaraan.

Justin Hubner, pemain kelahiran Belanda pada 14 September 2003, awalnya dipanggil oleh PSSI untuk menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Kepentingan ini didorong oleh minat Shin Tae Yong, pelatih timnas Indonesia, untuk melibatkan Hubner dalam turnamen tersebut.

Sebelumnya, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, melakukan kunjungan ke keluarga Hubner di Belanda untuk menyampaikan niat PSSI terkait naturalisasi Hubner dan keinginan untuk melibatkannya dalam Timnas Indonesia. Keluarga Hubner memberikan restu, dengan sang pemain memiliki darah keturunan Indonesia melalui ayahnya yang berasal dari Jakarta, meskipun ibunya adalah warga negara Belanda.

Proses naturalisasi Hubner mendapatkan persetujuan dari Komisi X DPR pada Maret 2023, namun, setelahnya, FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia karena penolakan partisipasi Israel. Meskipun proses sempat mandek, Erick Thohir memastikan bahwa Hubner akan segera menjadi WNI.

Naturalisasi Hubner merupakan langkah penting dalam memperkuat Timnas Indonesia U-20, menandai kerjasama antara Indonesia dan Belanda dalam perkembangan sepak bola nasional. Seiring dengan perkembangan ini, publik sepak bola Indonesia menantikan kontribusi Hubner di pentas internasional sebagai bagian dari skuad Garuda Muda.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow