Polling Institute: Prabowo-Gibran Memimpin Elektabilitas, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Melakukan Perubahan Signifikan

Survei terbaru dari Polling Institute menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas 43,2%, mengalami peningkatan signifikan sekitar 7 persen dari survei sebelumnya

Nov 23, 2023 - 20:57
 0
Polling Institute: Prabowo-Gibran Memimpin Elektabilitas, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Melakukan Perubahan Signifikan
Ganjar, Prabowo, Anies. Survei Polling Institute menyatakan Prabowo-Gibran ada di posisi puncak dengan elektabilitas 43,2 persen. Disusul Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Mahadaya' Jakarta - Survei terkini dari Polling Institute mengungkapkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menduduki posisi puncak dengan elektabilitas sebesar 43,2%. Data ini menunjukkan peningkatan yang signifikan sekitar 7 persen dibanding survei sebelumnya pada akhir Oktober, menandakan dukungan yang terus berkembang bagi pasangan ini.

Menurut peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim, elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar juga mengalami kenaikan sekitar 4 persen, mencapai 24,3%. Analisis menyebutkan bahwa sebagian pendukung Prabowo-Gibran dari basis lama beralih mendukung Anies-Muhaimin setelah pemilihan Gibran sebagai cawapres Prabowo.

Sementara itu, elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengalami penurunan signifikan. Pada survei Oktober, pasangan ini meraih elektabilitas sebesar 29 persen, tetapi sekarang berada pada 24,1 persen. Analis menduga bahwa migrasi sekitar 4 persen dari Ganjar-Mahfud terjadi setelah kepastian Gibran menjadi cawapres Prabowo.

Survei dilakukan pada tanggal 15-17 November 2023, melibatkan 1.496 responden WNI berusia 17 tahun atau lebih yang sudah menikah, dengan menggunakan metode random digit dialing (RDD) melalui wawancara telepon. Hasil survei memiliki margin of error sekitar ±2,6 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei lainnya, seperti LSI Denny JA periode November 2023, juga mengkonfirmasi dominasi Prabowo-Gibran dengan elektabilitas 40,3 persen. Meskipun pasangan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan, dan Anies-Muhaimin mengalami kenaikan yang signifikan, Prabowo-Gibran tetap kokoh di posisi puncak menurut sejumlah lembaga survei.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow