Perwakilan Hamas dan Iran Bertemu Pejabat Rusia di Moskow, Bahas Apa?

Rusia Jadi Mediator: Perwakilan Hamas dan Iran Koordinasi dengan Kremlin untuk Solusi di Palestina.

Oct 27, 2023 - 13:08
 0
Perwakilan Hamas dan Iran Bertemu Pejabat Rusia di Moskow, Bahas Apa?
Perwakilan Hamas dan Iran Temui Pejabat Rusia di Moskow Bahas Pembebasan Sandera di Jalur Gaza.

Mahadaya' jakarta - Dalam sebuah pertemuan yang menggabungkan elemen penting diplomasi dan kebijakan luar negeri, perwakilan milisi Hamas Palestina dan delegasi Iran bertemu dengan pejabat Rusia di Moskow pada Kamis (26/10). Pertemuan tersebut dihadiri oleh dua pemimpin senior Hamas, Moussa Abu Marzouk dan Bassem Naim, serta Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Mikhail Bogdanov. Pada pertemuan ini, mereka membahas berbagai isu krusial termasuk rencana pembebasan sandera di Jalur Gaza.

Dilansir dari kantor berita Rusia TASS, pertemuan ini merupakan langkah lanjutan dalam upaya Rusia membantu pembebasan sandera asing di Jalur Gaza. Abu Marzouk turut berpartisipasi dalam diskusi mengenai proses evakuasi warga Rusia dan warga asing lainnya di daerah Palestina yang terkena konflik.

Pejabat Rusia juga menegaskan kembali pendiriannya terkait krisis Palestina, mendukung pembentukan negara Palestina yang merdeka dengan batas wilayah seperti tahun 1967 dan Yerusalem Timur sebagai ibu kota damai bersama Israel.

Dalam pertemuan ini, Wakil Menlu Iran, Ali Bagheri Kani, juga hadir, menunjukkan bahwa Iran turut terlibat dalam upaya mediasi ini. Sebelumnya, Hamas menyambut baik dukungan dan mediasi Rusia dalam menghentikan serangan Israel di Jalur Gaza. Mereka mengapresiasi posisi Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang menolak pengepungan Gaza, pemotongan pasokan bantuan, serta penargetan warga sipil.

Pertemuan ini menciptakan harapan baru bagi penyelesaian damai di kawasan tersebut, sementara komunitas internasional terus memperhatikan langkah-langkah lanjutan yang mungkin diambil oleh ketiga pihak dalam mengatasi krisis yang telah berkepanjangan ini. Semua mata kini tertuju pada hasil dari upaya diplomasi yang terus berlangsung ini, dengan harapan membawa kesepakatan dan stabilitas bagi rakyat Palestina.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow