LSI Prediksi Strategi AMIN dan Ganjar-Mahfud Bersatu Jika Pilpres Dua Putaran

Lembaga Survei Indonesia (LSI) memprediksi kolaborasi AMIN dan Ganjar-Mahfud di putaran kedua Pilpres 2024

Jan 2, 2024 - 13:11
 0
LSI Prediksi Strategi AMIN dan Ganjar-Mahfud Bersatu Jika Pilpres Dua Putaran
Lembaga Survei Indonesia (LSI) memprediksi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan bergabung dalam satu koalisi apabila Pilpres 2024 terjadi dalam dua putaran.

Mahadaya' Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis prediksi menarik terkait Pilpres 2024, memproyeksikan kemungkinan strategi kolaborasi antara pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam satu koalisi, terutama jika pemilihan berlangsung dalam dua putaran. Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, menyoroti hasil survei beberapa bulan terakhir yang menunjukkan paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul, meskipun data tersebut masih dinamis.

Djayadi memproyeksikan bahwa potensi aliansi paslon 1 dan 3 muncul di putaran kedua, terutama jika Prabowo-Gibran memenangkan putaran pertama. Namun, ia mencatat tantangan serius dalam mempertahankan dukungan seragam di tingkat basis pemilih. Analisis sementara menunjukkan adanya kemungkinan pergeseran dukungan dari pemilih AMIN ke Prabowo-Gibran dan sebaliknya.

Dalam menghadapi potensi keretakan dukungan, Djayadi menawarkan solusi yang melibatkan instruksi dari elite partai, bahkan ketua umum. Dia menekankan bahwa jika paslon 1 dan 3 mampu merunding dan merencanakan konsolidasi dalam satu setengah bulan, instruksi dari tokoh-tokoh partai seperti pertemuan Megawati (PDI-P) dan Surya Paloh (NasDem) dapat berdampak signifikan pada tingkat basis pemilih.

Sementara Tim Nasional Anies-Muhaimin (AMIN) tetap optimis dan menargetkan lolos ke putaran kedua, tim pemenangan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah memulai persiapan skenario untuk putaran kedua. Andi Widjajanto, Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, mengungkapkan bahwa riset internal menunjukkan kemungkinan Pilpres 2024 akan berlangsung dalam dua putaran, dengan persaingan utama antara Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran.

Antisipasi akan kemungkinan strategi koalisi ini menambahkan nuansa menarik pada dinamika Pilpres mendatang, sementara perbincangan mengenai instruksi dari elite partai turut menambah kompleksitas dalam perjalanan politik menuju Pilpres 2024.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow