Kecelakaan Tragis Kereta Api di Cicalengka: Tiga Tewas, Dua Kereta Karam, dan 28 Luka-Luka

Kecelakaan tragis antara KA Turangga dan KA Lokal Padalarang-Cicalengka di Cicalengka menewaskan tiga orang dan melukai 28 lainnya

Jan 5, 2024 - 13:37
 0
Kecelakaan Tragis Kereta Api di Cicalengka: Tiga Tewas, Dua Kereta Karam, dan 28 Luka-Luka
Proses evakuasi korban tabrakan KA Turangga jurusan Surabaya - Bandung dengan KRL Bandung Raya di Jalur Petak Cicalengka, Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Jumat (5/1/2024) yang terjadi pukul 06.30 WIB.

Mahadaya' Jakarta - Pagi ini, Jumat (5/1/2024), terjadi kecelakaan tragis antara Kereta Api (KA) Turangga dan KA Lokal Padalarang-Cicalengka di Kampung Babakan DKA Desa. Cikuya, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung. Kecelakaan ini menyebabkan tiga orang tewas, termasuk Masinis dan Asisten Masinis KA Lokal Padalarang-Cicalengka, serta Pramugara KA Turangga.

Kecelakaan terjadi pada pukul 06.03 WIB, di KM 181 + 5/4. Dua kereta yang terlibat adalah KA Turangga jurusan Surabaya-Gubeng Bandung dan KA Lokal Padalarang-Cicalengka. KA Turangga, dengan No. Lokomotif CC 206 13 97, mengalami tabrakan dengan KA Lokal Padalarang-Cicalengka dengan No. KA 350.

Sebanyak 28 orang luka-luka telah dievakuasi ke RSUD Cicalengka. KA Turangga membawa 287 penumpang, sedangkan KA Lokal Padalarang-Cicalengka mengangkut 191 penumpang. Jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka tidak dapat dilalui sementara waktu. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI sedang berupaya melakukan evakuasi dan perbaikan jalur rel yang rusak.

KAI akan menerapkan rekayasa pola operasi dengan jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain bagi perjalanan KA-KA di wilayah Haurpugur – Cicalengka. Upaya evakuasi dan perbaikan jalur rel sedang dilakukan untuk memulihkan kondisi normal secepat mungkin.

PT KAI akan bekerja sama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki penyebab pasti kecelakaan. EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, menyampaikan bahwa informasi lebih lanjut akan disampaikan pada kesempatan berikutnya.

Kombes Pol Ibrahim Tompo, Kabid Humas Polda Jawa Barat, menyebutkan tiga orang tewas, termasuk Masinis dan Asisten Masinis KA Lokal Padalarang-Cicalengka, serta Pramugara KA Turangga. Belum ada informasi resmi mengenai penyebab kecelakaan.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow