Demi Investor, Bahlil Berharap Pilpres Hanya Berlangsung 1 Putaran

Bahlil menyoroti urgensi stabilitas ekonomi di tengah gejolak politik menjelang pemilu

Jan 24, 2024 - 14:49
 0
Demi Investor, Bahlil Berharap Pilpres Hanya Berlangsung 1 Putaran
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berharap pemilu 2024 bisa segera selesai. Hal itu lantaran investor ingin segera dapat kepastian.

Mahadaya' Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menyampaikan harapannya agar pemilu 2024 dapat segera berakhir hanya dalam satu putaran. Alasannya, hal ini diharapkan dapat memberikan kepastian kepada para investor yang saat ini tengah menunggu dan memantau situasi politik.

Dalam konferensi pers Kinerja Investasi 2023 pada Rabu (24/1), Bahlil mengungkapkan keinginannya agar pemilu tidak hanya berlangsung panas politis, namun juga dapat selesai lebih cepat. Dia menekankan perlunya menjaga stabilitas ekonomi meskipun tengah memasuki periode pesta politik.

Bahlil menyatakan bahwa jika pemilu dapat diselesaikan dalam satu putaran, hal tersebut akan memberikan kepastian yang sangat baik bagi dunia investasi. Menurutnya, kepastian di awal pemilihan dapat membantu pihak terkait untuk merencanakan langkah-langkah strategis guna menarik lebih banyak investasi ke dalam negeri.

"Sekalipun terpilih pasangan nomor satu, dua, atau tiga, yang penting kita sudah memiliki kepastian dari awal agar kita dapat menata langkah strategis untuk mendatangkan investasi," tambahnya.

Berdasarkan data Kementerian Investasi, realisasi investasi pada tahun 2023 mencapai Rp1.418,9 triliun, melampaui target yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebesar Rp1.400 triliun. Rinciannya, investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp674,9 triliun (47,6%) dan Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai Rp744 triliun (52,4%).

Dengan capaian ini, Bahlil optimistis bahwa kebijakan pro-investasi yang diterapkan dapat terus meningkatkan iklim investasi di Indonesia, dan oleh karena itu, keinginannya agar pemilu berlangsung efisien dan memberikan kepastian kepada investor menjadi hal yang krusial untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow