Yenny Wahid Dukung Pernyataan Gus Ipul: "Tidak Perlu Berikan Ruang pada Kelompok yang Melawan Pancasila

Yenny Wahid melihat pernyataan Gus Ipul sebagai sikap yang sesuai dengan posisinya sebagai Sekjen PBNU

Jan 17, 2024 - 21:32
 0
Yenny Wahid Dukung Pernyataan Gus Ipul: "Tidak Perlu Berikan Ruang pada Kelompok yang Melawan Pancasila
Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid mendukung pernyataan Gus Ipul yang meminta warga NU tak memilih capres yang didukung oleh Abu Bakar Ba'asyir.

Mahadaya' Jakarta - Yenny Wahid, anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, memberikan dukungan tegas terhadap pernyataan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Pernyataan Gus Ipul yang menyarankan warga Nahdlatul Ulama (NU) untuk tidak memilih calon yang didukung oleh Abu Bakar Ba'asyir dan Amien Rais dalam Pilpres 2024 mendapat sambutan positif dari Yenny Wahid.

Dalam konferensi pers di Gedung High End, Jakarta Pusat, pada Rabu (17/1), Yenny Wahid mengungkapkan pandangannya terkait pernyataan Gus Ipul. "Sebagai Sekjen PBNU, saya rasa memang secara normatif kita mendukung. Dalam politik, kelompok yang berseberangan dengan Pancasila tidak perlu diberikan ruang terlalu besar dalam panggung politik Indonesia," ujar Yenny.

Yenny Wahid menekankan bahwa Pancasila adalah filosofi dasar Indonesia, dan kelompok yang berseberangan dengan nilai-nilai tersebut perlu diwaspadai karena mungkin memiliki agenda terselubung. "Ucapan Gus Ipul itu sebetulnya sebagai Sekjen PBNU sudah pas," tambahnya.

Meskipun demikian, Yenny Wahid juga mengakui bahwa pernyataan Gus Ipul dapat diinterpretasikan berbeda jika dipahami sebagai bagian dari tim sukses (timses) Ganjar Pranowo-Mahfud MD. TPN Ganjar-Mahfud saat ini fokus memastikan kampanye berjalan lancar tanpa adanya sabotase.

"Posisi kami adalah bahwa programnya paslon 3 itu adalah program di mana kita menghargai keberagaman yang ada di masyarakat. Kita menghargai perbedaan agama, keyakinan, suku, ras, dan lain sebagainya. Nah ini yang menjadi titik tolak kita dalam berkampanye," tegas Yenny.

Sebelumnya, Gus Ipul telah mengajak seluruh warga NU untuk menggunakan hak pilihnya di Pilpres 2024 dengan memilih calon yang sesuai dengan kaidah ke-NU-an. Ia secara khusus menyarankan agar warga NU tidak memilih pasangan yang didukung oleh Abu Bakar Ba'asyir dan Amien Rais, tanpa menyebut secara gamblang pasangan calon yang dimaksud.

Dukungan dari Yenny Wahid ini menandai konsolidasi internal TPN Ganjar-Mahfud dan menekankan komitmen pada nilai-nilai kebangsaan. Pernyataan tersebut diharapkan dapat memberikan arah yang kuat kepada basis NU dalam menentukan pilihannya dalam Pilpres 2024.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow