TKN Prabowo-Gibran Klaim Program Makan Siang Gratis Dimulai pada 2024, Bantah Isu Dilaksanakan 2029

Kabar yang keliru tersebar di media sosial, menyatakan bahwa program tersebut baru akan dilaksanakan pada 2029

Feb 16, 2024 - 17:41
 0
TKN Prabowo-Gibran Klaim Program Makan Siang Gratis Dimulai pada 2024, Bantah Isu Dilaksanakan 2029
Budi Djiwandono menegaskan program makan siang gratis Prabowo-Gibran dilaksanakan bertahap dan akan memenuhi target pada 2029.

Mahadaya' Jakarta - Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Budisatrio Djiwandono, menegaskan bahwa program makan siang gratis yang menjadi salah satu unggulan Prabowo-Gibran tidak akan ditunda hingga tahun 2029. Dalam keterangannya pada Jumat (16/2), Budi membantah isu yang menyebutkan bahwa program tersebut baru akan dilaksanakan setelah 2029, menjelaskan bahwa pelaksanaan program tersebut akan dimulai segera setelah Prabowo-Gibran dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada Oktober 2024.

Isu yang salah itu muncul karena pernyataan Budi yang dipotong pada bulan Desember lalu, dan informasi yang tidak utuh kemudian disebarluaskan, menghilangkan konteks aslinya. Budi menjelaskan bahwa target mencapai 82,9 juta penerima manfaat akan tercapai sepenuhnya pada 2029, tetapi pelaksanaan program akan dimulai secara bertahap, dengan memberikan prioritas kepada daerah yang paling membutuhkan.

"Program makan siang gratis ini akan diimplementasikan dengan memprioritaskan daerah yang paling membutuhkan, sehingga mencapai target maksimal 82,9 juta anak pada tahun 2029," kata Budi.

Program makan siang dan susu gratis menjadi salah satu dari delapan program unggulan Prabowo-Gibran, yang merupakan hasil dari Asta Cita. Program ini bertujuan memberikan makan siang harian kepada siswa prasekolah, SD, SMP, SMA, dan pesantren, serta memberikan bantuan gizi kepada ibu hamil dan balita di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan membantu ekonomi keluarga.

Meskipun belakangan program tersebut ramai diperbincangkan di media sosial dengan narasi yang menyebutkan pelaksanaannya baru pada tahun 2029, TKN Prabowo-Gibran menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar dan bertujuan untuk menyesatkan.

Saat ini, Prabowo-Gibran memimpin jauh dari dua pasangan calon lainnya berdasarkan hasil hitung cepat dari sejumlah lembaga. Rata-rata perolehan suara Prabowo-Gibran bahkan melebihi 57 persen. Pilpres 2024 diperkirakan akan berlangsung dalam satu putaran, dengan penghitungan dan rekapitulasi suara dilakukan oleh KPU mulai dari 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

Dengan penegasan TKN Prabowo-Gibran terkait pelaksanaan program makan siang gratis, diharapkan klarifikasi ini dapat meredakan kekhawatiran dan memastikan pemahaman yang benar terkait program unggulan ini.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow