Prabowo-Gibran Pimpin Elektabilitas Menjelang Pilpres 2024, PDIP Dominan dalam Pemilu Legislatif

PDIP memimpin pemilihan legislatif dengan elektabilitas tertinggi 20,8%, diikuti oleh Gerindra dan Golkar

Jan 8, 2024 - 17:26
 0
Prabowo-Gibran Pimpin Elektabilitas Menjelang Pilpres 2024, PDIP Dominan dalam Pemilu Legislatif
Survei Median menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengungguli pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya.

Mahadaya' Jakarta - Survei Median Desember 2023 mengungkapkan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, unggul dengan elektabilitas mencapai 43,1 persen. Direktur Eksekusif Median, Ade Irfan Abdurahman, menyampaikan hasil survei tersebut pada Senin (8/1), menyoroti dominasi Prabowo-Gibran di sejumlah wilayah, termasuk Sumatera, Banten, DKI, Jawa, Kalimantan, Bali, NTB, dan NTT.

Dalam persaingan pemilihan legislatif, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memimpin dengan elektabilitas tertinggi, mencapai 20,8 persen. Survei yang berlangsung pada 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024, melibatkan 1.500 responden dengan margin of error sekitar 2,53 persen.

Sementara itu, hasil survei CSIS yang dilakukan sebelum debat ketiga Pilpres 2024 menegaskan dominasi Prabowo-Gibran dengan elektabilitas sebesar 43,7 persen. Anies-Muhaimin mendapatkan dukungan 26,1 persen, sedangkan Ganjar-Mahfud mencapai 19,4 persen. Survei CSIS, melibatkan 1.300 responden dengan margin of error sekitar 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, memberikan gambaran lebih lanjut tentang preferensi pemilih menjelang pemilihan presiden.

Dengan elektabilitas Prabowo-Gibran yang terus meningkat, dan PDIP yang mendominasi pemilihan legislatif, politik Indonesia memasuki periode yang menarik menjelang Pilpres dan Pemilu 2024. Meskipun hasil survei memberikan pandangan awal yang kuat, perubahan dan pergeseran dukungan masih mungkin terjadi seiring dengan perkembangan kampanye politik yang intens. 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow