Pemerintah Indonesia siap mengirimkan 33 ton bantuan kemanusiaan Ke Palestina

Bantuan tersebut terdiri dari peralatan medis, bahan makanan, dan alas tidur yang telah dikumpulkan dari berbagai kementerian dan lembaga negara

Nov 2, 2023 - 16:07
Nov 2, 2023 - 16:08
 0
Pemerintah Indonesia siap mengirimkan 33 ton bantuan kemanusiaan Ke Palestina
Warga Palestina.

Mahadaya' Jakarta - Pemerintah Indonesia telah merespons eskalasi konflik di Palestina dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan seberat 33 ton pada Sabtu (4/11). Bantuan tersebut terdiri dari peralatan medis, bahan makanan, alat tidur, dan perlengkapan musim dingin, yang dihimpun dari sejumlah kementerian dan lembaga negara termasuk PMI, Kemenkes, Kemhan, Badan Zakat Nasional, dan Forum Zakat.

Menurut Karo Humas Setjen Kementerian Pertahanan, Brigjen Edwin Adrian Sumantha, dua pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 dari TNI AU telah disiapkan untuk mengirimkan bantuan tersebut. Sebanyak 42 orang kru dan dua perwira menengah dari Kementerian Pertahanan akan ikut dalam misi kemanusiaan ini.

Rute penerbangan misi kemanusiaan ini sangat panjang dan melibatkan beberapa negara, dimulai dari Jakarta menuju Aceh, Myanmar, India, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan akhirnya tiba di Mesir pada tanggal 6 November 2023. Presiden Joko Widodo akan secara langsung melepas pengiriman bantuan ini pada Sabtu pagi.

Langkah ini diambil saat serangan Israel terhadap Palestina semakin memanas, menyebabkan ribuan warga Palestina, termasuk anak-anak, tewas. Kondisi di Gaza semakin memburuk, dengan fasilitas kesehatan yang kewalahan menangani pasien. Bantuan ini diharapkan dapat memberikan bantuan mendesak kepada warga Palestina yang membutuhkan, serta menunjukkan solidaritas Indonesia terhadap saudara-saudara seiman di Palestina.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow