Misteri Penembakan Pesawat di Papua Terungkap: KKB Dituding sebagai Pelaku, Polisi Terus Selidiki

Polisi menyelidiki keterlibatan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam penembakan dua pesawat di Papua

Feb 17, 2024 - 23:22
 0
Misteri Penembakan Pesawat di Papua Terungkap: KKB Dituding sebagai Pelaku, Polisi Terus Selidiki
Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW-1646 menjadi sasaran penembakan saat mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu (17/2) pukul 13.20 WIT.

Mahadaya' Jakarta - Pada Jumat (16/2), pesawat Asian One Air PK-LTF menjadi sasaran penembakan di Bandara Milawak, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, sekitar pukul 09.52 WIT. Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, mengungkapkan bahwa pesawat tersebut ditembaki dari arah kanan saat hendak mendarat.

Dugaan polisi menunjukkan bahwa kelompok Orang Tak Dikenal (OTK) di Kampung Ambobra menjadi pelaku penembakan tersebut. OTK diduga turun dari Kampung Ambobra ke Kampung Julukoma Distrik Beoga dan menembaki pesawat Asian One PK-LTF. Aparat keamanan TNI-Polri dilaporkan memberikan respons dengan menembak balik sebagai tindakan hukum.

Kemudian, pada hari berikutnya, pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW-1646 menjadi target penembakan di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, sekitar pukul 13.20 WIT. Keterangan resmi menyebutkan bahwa pesawat terkena tembakan di sisi sebelah kiri, menembus ke dalam badan pesawat. Beruntung, tidak ada korban jiwa, namun satu penumpang bernama Pratu Ongen mengalami luka lecet akibat terkena pecahan dinding pesawat.

Meskipun dugaan awal menunjukkan KKB sebagai pelaku, polisi tetap melakukan penyelidikan mendalam. Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menyatakan bahwa mereka terus memeriksa dan mengumpulkan bukti untuk mengungkap motif sebenarnya di balik serangan ini.

Meskipun telah terjadi dua insiden penembakan pesawat, polisi memutuskan untuk tidak menambah pasukan keamanan di sekitar bandara. Benny menyatakan bahwa aparat keamanan yang ada dianggap cukup untuk mengatasi situasi ini.

Masyarakat dan pihak terkait diharapkan tetap tenang dan kooperatif selama proses penyelidikan berlangsung. Polda Papua meminta kerjasama dari warga Papua untuk memberikan informasi yang dapat membantu mengungkap keberadaan dan motif KKB yang diduga terlibat dalam serangkaian penembakan ini.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow