Menteri Basuki Tegaskan Kehadiran Mendampingi Jokowi Setelah Isu Mundur

Basuki membantah spekulasi tentang kepergiannya dari kabinet

Feb 23, 2024 - 16:24
 0
Menteri Basuki Tegaskan Kehadiran Mendampingi Jokowi Setelah Isu Mundur
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terlihat mendampingi Jokowi lagi setelah sebelumnya sempat ramai diisukan ingin mundur dari kabinet.

Mahadaya' Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali terlihat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah sebelumnya diisukan akan mundur dari kabinet menjelang Pemilu 2024.

Basuki, yang sebelumnya absen dari beberapa acara peresmian pembangunan oleh Jokowi, kini kembali aktif. Kehadirannya terlihat di Makassar, Sulawesi Selatan saat Jokowi meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPAL-DT) Losari pada Kamis (22/2).

Dalam acara tersebut, Basuki tampak mengenakan rompi kuning khas Kementerian PUPR. Selain Basuki, beberapa pejabat lain juga turut mendampingi Jokowi, antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, dan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.

Tak hanya itu, Basuki juga ikut mendampingi Jokowi dalam meresmikan akses Tol Makassar New Port (MNP) pada hari yang sama. Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Erick Thohir.

Pada peresmian sebelumnya di Sumatera Utara, Basuki tak hadir karena tengah mengikuti forum di luar negeri. Namun, absennya tersebut memicu spekulasi politik tentang kemungkinan mundurnya Basuki dari kabinet.

Isu tersebut awalnya diungkap oleh ekonom senior Faisal Basri, yang menyatakan ajakannya kepada sejumlah menteri untuk mundur karena anggapan bahwa Jokowi berpihak pada pasangan calon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Meskipun demikian, Basuki menegaskan bahwa ia akan tetap loyal kepada Jokowi hingga akhir masa pemerintahan kabinet. Ditegaskannya bahwa dirinya akan terus bekerja sesuai perintah yang diberikan.

"Alah itu sudah lewat, besok sudah nyoblos. Saya kan kerja terus. Perintahnya kan begitu," ujar Basuki saat diwawancarai di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa (13/2).

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow