Kemenkes dan Polri Kirim 26,5 Ton Bantuan ke Gaza, Ada Air dan Tenda

Bantuan ini menegaskan komitmen Indonesia dalam memberikan dukungan mendesak kepada mereka yang membutuhkan di Gaza

Nov 6, 2023 - 22:15
 0
Kemenkes dan Polri Kirim 26,5 Ton Bantuan ke Gaza, Ada Air dan Tenda
Kemenkes dan Polri mengirimkan total 26,5 ton bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina di Gaza pada Minggu (6/11) malam.

Mahadaya' Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengonfirmasi pengiriman bantuan kemanusiaan seberat 26,5 ton kepada warga Palestina di Gaza pada Minggu malam, sebagai wujud nyata dari solidaritas dan kepedulian Indonesia terhadap kemanusiaan di tengah konflik yang terus berlanjut. Bantuan ini termasuk perlengkapan medis penting, air bersih, serta peralatan untuk mendukung kebutuhan kesehatan di wilayah yang terkena dampak konflik.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengoordinasikan pengiriman ini. Bantuan kesehatan mencakup peralatan darurat untuk pembedahan minor, obat-obatan, dan perlengkapan medis penting lainnya. Hal ini sangat vital mengingat kebutuhan mendesak bagi warga yang menderita cedera selama konflik.

Selain itu, bantuan yang dikirim juga mencakup air bersih untuk memenuhi kebutuhan dasar dan mendesak warga. Terdapat total 26,5 ton bantuan dari pemerintah Indonesia yang diangkut melalui pesawat komersial Airbus A330-900, dengan Mesir menjadi pintu masuk utamanya. Dari sana, bantuan akan didistribusikan ke Palestina dan disebar ke warga Gaza yang membutuhkan. Bantuan ini juga mencakup 100 tenda pleton yang dapat menampung hingga 50 orang dalam satu tenda dan seribu selimut serta jaket musim dingin.

Sebelum pengiriman ini, Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia ke Palestina, menggarisbawahi bahwa ini adalah wujud konkret dari solidaritas dan perhatian Indonesia terhadap kemanusiaan di Palestina. Ini merupakan langkah yang kuat dari pemerintah Indonesia untuk membantu meringankan penderitaan warga Palestina yang terdampak oleh konflik berkepanjangan di wilayah tersebut. Bantuan ini tidak hanya mencakup bantuan pangan dan kesehatan, tetapi juga menyampaikan pesan bahwa Indonesia siap membantu masyarakat di seluruh dunia ketika mereka membutuhkan dukungan.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow