Gempa Sumedang: 6 Kali Guncang hingga Pukul 21.15 WIB, Terkini Magnitudo 4,5

Pemerintah berkomitmen melakukan penyelidikan menyeluruh terkait keamanan terowongan dan infrastruktur

Jan 1, 2024 - 23:14
 0
Gempa Sumedang: 6 Kali Guncang hingga Pukul 21.15 WIB, Terkini Magnitudo 4,5
Sumedang mengalami tiga kali guncangan gempa dengan kekuatan M 4,8.

Mahadaya' Jakarta - Wilayah Sumedang, Jawa Barat, kembali diguncang oleh serangkaian gempa bumi pada Senin (1/1/2024), dengan aktivitas terkini mencapai magnitudo 4,5. Gempa yang terjadi pada pukul 20:46:48 WIB itu memiliki episenter di koordinat 6.82 LS dan 107.92 BT, berlokasi di darat sekitar 4 km Utara Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 10 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan bahwa gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif, dan telah dirasakan di beberapa wilayah sekitarnya. Rancakalong, Jatinangor, dan Bandung mengalami getaran yang dirasakan dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu (Skala Intensitas III MMI), sementara di Cirebon, Garut, dan Subang, getarannya dirasakan oleh beberapa orang dengan benda-benda ringan yang bergoyang (Skala Intensitas II MMI).

Daryono melaporkan bahwa hingga pukul 21.15 WIB, BMKG telah mencatat 6 kali aktivitas gempa bumi di Sumedang sejak peristiwa tersebut. Sebelumnya, gempa bumi dengan magnitudo 4,8 pada malam 31 Desember 2023 telah menyebabkan sedikit keretakan di dinding Terowongan Kembar Tol Cisumdawu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membantah kabar mengenai keretakan pada terowongan tersebut, menjelaskan bahwa itu adalah bagian dari konstruksi segmental dan bukan retakan. Meskipun demikian, pihaknya tidak mengabaikan berita tersebut dan akan menyelidikinya lebih lanjut.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, menegaskan bahwa terowongan Tol Cisumdawu aman dilalui meskipun adanya kabar viral mengenai retakan. Pihaknya sedang menyelidiki lebih lanjut untuk memastikan keamanan terowongan, terutama di bagian portal atau mulutnya, dan hasilnya akan segera dilaporkan setelah selesai penyelidikan.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow