Eks Pemain Vietnam Ketar-ketir, Timnas Indonesia bak Dream Team

Keberadaan pemain naturalisasi membuat Timnas Indonesia terlihat seperti tim impian bagi Vietnam

Mar 15, 2024 - 17:52
 0
Eks Pemain Vietnam Ketar-ketir, Timnas Indonesia bak Dream Team
Timnas Indonesia kini dihuni banyak pemain naturalisasi.

Mahadaya' Jakarta - Pengamat sepak bola mantan pemain Vietnam, Dang Phuong Nam, mengungkapkan kekagumannya terhadap skuad Timnas Indonesia yang dipenuhi pemain naturalisasi. Phuong Nam, yang kini berperan sebagai pengamat, menyebut bahwa tim arahan Philippe Troussier tampak seperti tim impian bagi Vietnam menjelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Indonesia pada 21 dan 26 Maret.

Phuong Nam, yang pernah menjadi striker utama timnas Vietnam pada era 90-an hingga 2000-an, mengakui kualitas pemain-pemain naturalisasi yang menjadi bagian dari Skuad Merah Putih.

Dalam tulisannya di media Thanh Nien, Phuong Nam membandingkan skuad Timnas Indonesia saat ini dengan penampilan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, di mana Vietnam berhasil meraih kemenangan 4-0.

"Shin Tae Yong hanya mempertahankan dua pemain sayap, Asnawi [Mangkualam] dan Pratama [Arhan]. Hampir semua pemain lawan digantikan oleh pemain-pemain naturalisasi berkualitas dari Eropa," tulis Phuong Nam, sambil menyebutkan sejumlah pemain yang memperkuat Indonesia pada Piala Asia 2023.

"Ada juga dua pemain yang memiliki pengalaman bermain di Eropa dalam beberapa tahun terakhir seperti Egy Maulana dan Witan Sulaeman, membuat Indonesia terlihat seperti generasi 'dream team' dalam sejarah sepak bola negara tersebut," lanjutnya.

Phuong Nam juga menyoroti dampak signifikan kehadiran pemain-pemain naturalisasi ini ketika Timnas Indonesia berkompetisi di Piala Asia 2023.

"Tim tersebut telah mengalahkan tim Vietnam di fase grup Piala Asia 2023. Pemain-pemain naturalisasi dengan keunggulan dalam fisik, kekuatan, pemikiran, dan tekanan tinggi hampir membuat pemain muda Vietnam tidak dapat bernafas," tulis Phuong Nam.

"Ilawan selalu melakukan tekanan tinggi, bermain keras, dan sering melakukan pelanggaran, sehingga pemain tengah Vietnam kesulitan mempertahankan bola," tambahnya.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow