Debat Ketiga Pilpres 2024: Rektor Unjani dan Dekan UIII Jadi Panelis, Tema Fokus Pertahanan dan Keamanan

Komisioner KPU, August Mellaz, menyatakan bahwa panelis telah mengkonfirmasi ketersediaan mereka untuk debat tersebut

Jan 3, 2024 - 22:47
 0
Debat Ketiga Pilpres 2024: Rektor Unjani dan Dekan UIII Jadi Panelis, Tema Fokus Pertahanan dan Keamanan
KPU akan menggelar debat ketiga Pilpres 2024 pada 7 Januari 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Mahadaya' Jakarta - Pada 7 Januari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Debat ini akan menampilkan 11 panelis terkemuka yang telah ditetapkan untuk menyusun pertanyaan terkait tema utama, yaitu Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri.

Menariknya, di antara panelis tersebut terdapat tokoh-tokoh terkemuka seperti Hikmahanto Juwana, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani. Selain itu, Angel Damayanti, Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia, serta Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia, Philips J Vermonte, juga turut menjadi panelis dalam debat ini.

Tema yang akan dibahas mencakup aspek-aspek penting seperti Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri. Rencananya, 11 panelis ini akan menyusun pertanyaan yang akan dijawab oleh tiga calon presiden (capres) yang ikut serta dalam debat tersebut.

Komisioner KPU, August Mellaz, menyatakan bahwa tim paslon dan media penyelenggara juga turut berkontribusi dalam menentukan tema dan panelis untuk debat ini. August mengungkapkan bahwa semua panelis sudah memberikan konfirmasi dan kesediaan untuk terlibat dalam debat tersebut.

Debat ketiga ini menjadi kelanjutan dari dua debat sebelumnya yang telah diadakan oleh KPU pada 12 Desember 2023, yang melibatkan tiga calon presiden, dan pada 22 Desember 2023, yang melibatkan tiga calon wakil presiden.

Serangkaian debat ini merupakan upaya KPU untuk memberikan wadah bagi calon presiden dan wakil presiden untuk menyampaikan visi, gagasan, dan rencana kerjanya kepada masyarakat. Debat-debat berikutnya juga akan membahas topik-topik krusial seperti Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa, serta Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Dengan panelis terkemuka dan tema yang menarik, debat ketiga Pilpres 2024 diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam kepada pemilih tentang pandangan dan rencana calon presiden terkait isu-isu kunci dalam bidang Pertahanan dan Keamanan.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow