Dalam Sidang PBB, Hanya 10 Negara Menolak Gencatan Senjata Israel-Hamas, Termasuk Tetangga RI

Meski mayoritas mendukung gencatan senjata, resolusi UEA tidak mencapai kesepakatan akibat veto AS dalam pemungutan suara PBB

Dec 13, 2023 - 15:03
 0
Dalam Sidang PBB, Hanya 10 Negara Menolak Gencatan Senjata Israel-Hamas, Termasuk Tetangga RI
Ilustrasi. Sidang Majelis Umum PBB bahas agresi Israel ke Palestina.

Mahadaya' Jakarta - Dalam sidang khusus Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York pada Selasa (12/12), hasil pemungutan suara menunjukkan bahwa 153 negara mendukung gencatan senjata antara pasukan Israel dan Hamas di Palestina. Meskipun mayoritas mendukung, terdapat 10 negara yang menolak, termasuk Israel, Amerika Serikat, dan menariknya, tetangga Indonesia.

Upaya untuk mencapai gencatan senjata kemanusiaan di Gaza terus dilakukan melalui resolusi Dewan Keamanan PBB, namun, sayangnya, upaya ini terhalang oleh veto Amerika Serikat. Resolusi yang diajukan oleh Uni Emirat Arab (UEA) melibatkan tuntutan pembebasan tanpa syarat semua sandera dan pembukaan akses kemanusiaan.

Meskipun naskah resolusi ini diblok oleh anggota tetap, Tiongkok, Perancis, dan Rusia memberikan dukungan, sementara Inggris memilih untuk abstain. Dengan menolak gencatan senjata, 10 negara, termasuk tetangga Indonesia, menunjukkan posisi mereka dalam konflik Israel-Hamas di hadapan dunia.

Berikut daftar 10 negara yang tolak gencatan senjata terkait perang Israel-Hamas di PBB, salah satunya tetangga Indonesia.

1. Austria
2. Ceko
3. Guatemala
4. Israel
5. Liberia
6. Mikronesia
7. Nauru
8. Papua Nugini
9. Paraguay
10. Amerika Serikat

Sebagian besar negara di dunia mendukung langkah-langkah perdamaian dan gencatan senjata, sementara dunia internasional terus berupaya mengakhiri pertempuran di kawasan tersebut. Sidang PBB menjadi saksi ketegangan geopolitik yang terus berlanjut, dan hasilnya akan memberikan dampak pada upaya perdamaian dan kemanusiaan di Palestina.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow